Guru Penggerak: Membangun Kepemimpinan dalam Pendidikan di SDIT Al-Furqon Jakarta Selatan
Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Furqon Jakarta Selatan senantiasa berupaya menjadi yang terbaik dalam mengembangkan peserta didik yang berkarakter, mandiri, dan berwawasan global. Karenanya, untuk mencapai visi tersebut adalah melalui program Guru Penggerak. Program pendidikan guru penggerak ini, memiliki pendekatan student centered learning yang berkesesuaian dengan Program Merdeka Belajar. Sehingga, program ini memiliki kesinambungan dengan program Sekolah Penggerak dan Kurikulum Merdeka. Program pendidikan bagi guru yang bersifat transformasi ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia.
Tujuan Program
Program ini bertujuan utama untuk:
– Mengembangkan peserta didik dengan pembelajaran yang mengutamakan kemandirian dan kolaborasi.
– Menggerakkan ekosistem pendidikan dengan membuka peluang kolaborasi yang luas.
– Mendorong para peserta didik untuk menjadi pribadi yang aktif, percaya diri, dan berkepemimpinan.
– Menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan menginspirasi.
– Mendukung implementasi hasil pembelajaran yang berdampak positif pada peserta didik.
Kompetensi Guru
Seorang Guru Penggerak di SDIT Al-Furqon memiliki kompetensi yang kaya, termasuk:
– Kemampuan komunikasi yang lancar dan efektif.
– Kreativitas dalam merancang metode pengajaran yang menarik dan inovatif, menciptakan lingkungan belajar yang nyaman.
– Kesabaran yang tak terbatas dalam membimbing dan mendukung peserta didik.
– Dedikasi yang tinggi terhadap profesi dan proses pembelajaran.
– Keterampilan dalam mengembangkan sekolah dan mengelola manajemen pendidikan.
Manfaat Bagi Guru
Bergabung sebagai Guru Penggerak memberikan manfaat, seperti:
– Mengembangkan kompetensi melalui lokakarya yang inspiratif dan kolaboratif.
– Meningkatkan kemampuan sebagai pemimpin pembelajaran yang menempatkan peserta didik sebagai pusat perhatian.
– Pengalaman belajar yang mandiri dan menggugah semangat berinovasi.
Perbedaan Mendasar dengan Sertifikasi Lainnya
Guru Penggerak dan sertifikasi guru, meskipun keduanya berhubungan dengan peningkatan mutu pendidikan, memiliki perbedaan mendasar dalam fokus peran dan tanggung jawab:
– Guru Penggerak menonjolkan peran aktif dalam menginspirasi, memotivasi, dan memimpin siswa serta rekan-rekan guru untuk meningkatkan mutu pendidikan.
– Sertifikasi guru lebih menilai kualifikasi dan kompetensi mengajar secara umum.
Komitmennya Berkelanjutan
Program Guru Penggerak sendiri memiliki komitmen berkelanjutan yang tercermin dalam beberapa hal:
– Jangka waktu aktif sertifikasi dapat bervariasi, namun dengan tujuan yang jelas dan selalu diperbarui sesuai kebutuhan.
– Evaluasi berkala yang mengukur efektivitas guru penggerak dalam membawa dampak positif pada lingkungan sekolah dan proses pembelajaran.
– Kemungkinan sertifikasi ulang atau peninjauan periodik untuk memastikan agar terus memenuhi standar.
Menuju Kepemimpinan Pendidikan yang Inspiratif
Sebagai guru penggerak, kombinasi kepemimpinan inspiratif, keterampilan yang inovatif, serta visi dan dedikasi adalah kunci kesuksesan. Sejalan dengan itu, SDIT Al-Furqon Jakarta Selatan berkomitmen untuk terus menjadi sekolah unggulan dengan mencetak pemimpin masa depan yang berkarakter dan berintegritas. Dalam hal itu dengan mengembangkan guru penggerak yang mampu menginspirasi, menggerakkan, dan memimpin, SDIT Al-Furqon memberikan sumbangsih berarti dalam mencetak generasi penerus yang mampu menghadapi tantangan global dengan kepercayaan diri dan kepemimpinan yang tangguh.
Mengasah dan Mempertahankan Kualitas Pengajaran
SDIT Al-Furqon Jakarta Selatan mengambil langkah-langkah konkret untuk memastikan kualitas Guru Penggerak tetap terjaga dan berkembang:
1. Pelatihan dan Lokakarya Berkelanjutan: Kemendikbudristek secara berkala mengadakan pelatihan dan lokakarya yang dirancang khusus untuk meningkatkan kualitas para Guru Penggerak. Sehingga, Ini memberikan kesempatan bagi para guru untuk terus mengembangkan keterampilan, memahami tren terbaru dalam pendidikan, dan berbagi pengalaman.
2. Kolaborasi antar guru: Dalam lingkungan SDIT Al-Furqon, kolaborasi adalah kunci. Para Guru Penggerak dan seluruh guru memiliki peluang untuk bekerja sama dalam tim, berbagi ide, dan memberikan dukungan satu sama lain.
3. Penghargaan dan Pengakuan: Prestasi dan kontribusi para Guru Penggerak dihargai dan diakui dengan berbagai cara, seperti penghargaan khusus, sertifikat penghargaan, atau kesempatan berbicara dalam acara penting. Sehingga, dapat memberikan dorongan tambahan untuk terus memberikan yang terbaik dalam peran mereka.
4. Pengembangan Pribadi: SDIT Al-Furqon mendorong guru-guru untuk terus mengembangkan diri melalui pendidikan lanjutan, seminar, dan kursus yang relevan. Karena, semangat pembelajaran berkelanjutan ini tercermin dalam kualitas pembelajaran yang sampai kepada siswa.
5. Berinovasi dalam Pembelajaran: Guru di SDIT Al-Furqon didorong untuk berinovasi dalam merancang metode pembelajaran yang kreatif, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Karena, Inovasi ini akan menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan mendorong rasa ingin tahu siswa.
6. Monitoring dan Evaluasi Berkelanjutan: Dalam rangka memastikan efektivitas program Guru Penggerak, SDIT Al-Furqon secara rutin melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja guru-guru tersebut. Ini membantu dalam mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan memastikan bahwa tujuan program tercapai.
Akhir kata
Guru di SDIT Al-Furqon Jakarta Selatan memainkan peran sentral dalam membentuk watak dan kualitas peserta didik. Dengan fokus pada kepemimpinan inspiratif, kreativitas, dan kolaborasi, guru-guru ini tidak hanya mengajar, tetapi juga membimbing siswa menuju masa depan yang cerah. Pendekatan yang berkelanjutan dan komitmen terhadap pengembangan diri, SDIT Al-Furqon menjadikan program ini sebagai katalisator perubahan dalam dunia pendidikan yang dinamis dan berubah-ubah.
Dengan harapan menjadi SDIT terbaik di Jakarta Selatan, SDIT Al-Furqon memprioritaskan pendekatan pendidikan yang berfokus pada karakter dan nilai-nilai Islam. Melalui program Guru Penggerak dan inisiatif pendidikan lainnya, sekolah ini berusaha melahirkan generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki kepribadian yang kokoh, berintegritas, dan siap menghadapi tantangan masa depan.
SDIT Al-Furqon,
Sekolah Unggul, Berwawasan Global, Berkarakter Qur’ani